by

Air Beras: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Ala Jepang

Cara memutihkan wajah secara alami seperti orang Jepang memang perlu diacungi jempol. Standar kecantikan Jepang adalah perempuan berkulit putih bak porselen, yang membuktikan bahwa ia adalah orang yang bersih dan menjaga kulitnya dengan benar. Negeri Sakura itu memiliki rahasia kuno yakni memanfaatkan zat pitera dari beras organik untuk memutihkan kulit.

Pitera telah menjadi bahan baku skin care modern selama bertahun-tahun, menyukseskan berbagai merk yang ada di pasaran dan kini menjadi incaran banyak perusahaan kecantikan. Sebenarnya mendapatkan pitera secara alami tidaklah sulit, hanya perlu kesabaran dan ketekunan agar hasilnya terlihat seiring berjalannya waktu. Pitera bisa didapatkan dari beras, untuk hasil yang lebih baik upayakan menggunakan beras organik yang dikembangkan tanpa pestisida.

Jika Anda ingin menambahkan air beras ke dalam skin care routine, Anda perlu menyimpan beras yang direbus lalu dimasukkan ke dalam jar kaca. Perlu proses fermentasi agar pitera bisa keluar dari beras, Anda bisa menyimpannya ke dalam kulkas jika jar dan air beras sudah tidak panas. Simpanlah dalam kondisi higienis, jauhkan dari berbagai bahan makanan selama di dalam kulkas. Melapisi jar dengan plastik bening bisa menjadi cara yang tepat untuk menjaga kondisi sari-sari beras agar tetap steril.

Anda bisa menggunakan pitera air beras sebelum mandi, sebagai masker encer. Air beras yang difermentasi dapat bertahan lebih lama jika disimpan secara higienis. Untuk mendapatkan hasil terbaik, dapat disemprotkan langsung pada wajah dan dibiarkan selama kurang lebih 30 menit atau semalaman untuk mencerahkan warna kulit. Air beras juga bisa sebagai pembersih wajah sebagai cleanser sebelum tidur. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan pitera ini adalah dengan merendam bola kapas ke dalam air beras, lalu mengoleskannya ke wajah saat pagi hari sembari dipijat selama 10 menit. Sementara jika ingin kulit menjadi lebih kencang, bisa menggunakan air beras sebelum menerapkan day cream saat pagi hari.

Beras merupakan makanan pokok sehari-hari di sebagian besar rumah tangga orang Asia, maka dari itu beras adalah bahan yang sangat mudah didapatkan di Indonesia. Cara memutihkan wajah secara alami hanya dengan setengah cangkir beras yang bisa digunakan selama seminggu. Beras mentah juga bisa direndam langsung dari kantongnya dalam air hangat selama sekitar 30-40 menit. Anda dapat menyimpan air beras dalam botol dan menggunakannya saat dan saat Anda membutuhkannya.

Karena air beras adalah bahan yang cukup umum di Asia, sehingga sangat aman digunakan tanpa efek samping. Agar nutrisi pitera tidak rusak, sebaiknya Anda tidak menyimpannya di dalam suhu ruang terlalu lama. Air akan kehilangan manfaatnya jika Anda menyimpannya dengan buruk selama lebih dari satu hari.

Air beras diketahui membantu mengatasi iritasi kulit yang disebabkan oleh sodium laurel sulfate (SLS), bahan yang ditemukan di banyak produk perawatan pribadi. Bukti anekdotal telah menunjukkan bahwa menggunakan air beras dua kali sehari membantu kulit yang telah kering dan rusak oleh SLS. Air Beras kaya akan asam amino, vitamin, banyak mineral. Ini adalah sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Singkatnya, air beras melembapkan, mencerahkan, menenangkan, dan anti-penuaan.

Catatan khusus:

Air beras mengandung pati yang bisa Anda tambahkan ke air mandi untuk menghilangkan peradangan pada kondisi kulit yang gatal. Ini juga bekerja sangat baik untuk menenangkan kulit terbakar dan mengurangi noda. Beberapa penelitian juga mengklaim bahwa air beras memiliki potensi anti-penuaan karena menghidrasi kulit dan memberikan hasil akhir yang halus seperti porselen.

News Feed