Kesehatan holistik merupakan sebuah pendekatan agar gaya hidup sehat yang sama dengan alam. Jika selama ini untuk hidup sehat selalu fokus pada penyakit atau bagian tubuh tertentu, pendekatan holistik yang merupakan warisan tradisi kuno ini,  memandang manusia sebagai satu kesatuan yang utuh, sehingga ia tidak bisa terpisahkan dari bagaimana ia berinteraksi dengan lingkungannya.

Kesehatan holistik menekankan hubungan pikiran (mind), tubuh (body), dan jiwa (soul). Tujuannya adalah untuk mencapai kesejahteraan maksimum, di mana semuanya berfungsi di level maksimal.

Konsep kesehatan holistik mendorong orang untuk menerima tanggung jawab atas tingkat kesejahteraan mereka sendiri, dan pilihan sehari-hari yang memengaruhi kesehatan mereka.

Gimana sih tips kita untuk menerapkan pendekatan holistik sejati agar dapat mendapatkan kesejahteraan kita? Apakah kita tahu apa artinya merawat pikiran, tubuh, dan jiwa kita sebagai satu paket penuh?

Tidak ada keraguan bahwa sebagian besar dari kita melakukan yang terbaik untuk memberikan waktu, energi, dan uang kita pada sepotong kue holistik. Misalnya, kita berkomitmen untuk berolahraga secara teratur dan makan dengan baik untuk menjaga tubuh kita.

Namun, bisa saja kita tanpa sadar justru mengabaikan kesehatan dan kesejahteraan pikiran kita, dengan cara berusaha untuk bersantai, menjalani hidup sekenanya, sembari membiarkan tubuh, pikiran, dan perasaan pulih dengan sendirinya. Alih-alih tubuh segera pulih, yang terjadi justru tingkat kortisol (stres) kita semakin tinggi.

Berapa banyak dari kita yang menenggelamkan diri, larut dalam pekerjaan atau mengejar target, asyik – terbenam dalam kreativitas demi mengejar tujuan dengan semangat menyala. Namun pada saat yang sama, karena keseringan bekerja selama berjam-jam, kita justru terlambat mengakomodasi kebutuhan dasar kita untuk tidur yang cukup?

kesehatan holistik  adalah sebuah pendekatan untuk bisa menjaga kondisi kesehatan diri secara menyeluruh, mencakup pikiran (mind), tubuh (body), dan bathin atau jiwa (spirit). Kesehatan secara menyeluruh penting, sebab pada fitrah atau kodratnya, tubuh manusia adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisah-pisahkan.  “Ibarat selembar kain, yang kalau tertarik salah satu sudutnya, maka bagian-bagian atau sudut-sudut yang lain juga ikut tertarik.”

“Begitu juga tubuh manusia, jika salah satu unsur saja, misalnya emosi atau pikiran tidak selaras, maka bisa dipastikan aspek lainnya jadi tidak beres. Karenanya, konsep atau cara pandang bahwa tubuh manusia layaknya mesin, dan memperlakukannya seperti mesin dalam melakukan upaya perbaikan saat terjadi ketidakselarasan, perlu ditinjau kembali.”

Apa yang bisa kita lakukan?

Kebahagiaan hidup tercapai jika kita mampu mendapatkan level maksimal dari kesehatan fisik, pengasuhan emosional, stimulasi mental, fokus, kejernihan dan nutrisi spiritual. Oleh karena itu, untuk bisa merasakan kesehatan terbaik, kita membutuhkan pendekatan lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan kita di semua aspek ini.

Cara terbaik untuk memulai memperoleh manfaat gaya hidup sehat secara menyeluruh adalah dengan membuat rencana kesejahteraan pribadi. Mulailah dengan mengkategorikan bagian fisik, mental, emosional dan spiritual dan kemudian pilih satu aktivitas yang akan melayani Anda di bidang itu, dengan cara yang paling menyenangkan dan bermakna bagi Anda. Sebagai contoh:

  • Fisik – 45 menit setiap hari berjalan atau jogging di luar rumah
  • Mental – berkomitmen untuk meditasi pagi 15 menit
  • Emosional – luangkan waktu untuk bertemu teman dekat seminggu sekali
  • Spiritual – temukan kembali hasrat, minat, atau hobi dengan meluangkan waktu untuk bergabung dalam kegiatan komunitas pengajian di masjid atau mushalla, komunitas ibadah mingguan di gereja, bakti sosial, kegiatan amal, dan lainnya

Itulah penjelasan tentang kesehatan holistik dan apabila teman teman ingin membaca lebih lengkap artikel tentang kesehatan bisa baca di SehatQ.com dan bisa cek rumah sakit di Bekasi.