by

Beberapa Hal yang Membuat Ramadhan Menjadi Bulan yang Istimewa

Apa yang menyebabkan bulan Ramadhan menjadi bulan yang istimewa? Berikut merupakan 5 hal yang membuat Ramadhan menjadi bulan yang istimewa.

1. Salah Satu Rukun Islam Adalah Puasa

“Islam dibangun atas lima (rukun); Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadan, dan haji ke Baitullah.” (HR. Bukhari dan Muslim). Berarti, berpuasa di Bulan Ramadhan merupakan bagian dari rukun islam, yaitu rukun islam keempat.

2. Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)”. (QS. Al-Baqarah: 185). Pada malam lailatul qadar (malam diturunkannya Al-Qur’an), terdapat satu malam dimana jika kita beribadah di bulan tersebut maka pahalanya sama dengan beribadah selama 1000 bulan.

3. Bulan Ramadhan Merupakan Bulan yang Penuh Berkah

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah karena banyak dosa diampuni dan banyak ibadah yang pahalanya berlipat ganda. Selain itu, bulan ini juga merupakan bulan dimana pintu surge dibuka dan pintu neraka ditutup.

4. Banyak Ibadah yang Pahalanya Berlipat Ganda

Pahala umrah pada bulan keistimewaan Ramadan menyamai pahala ibadah haji.” (HR. Bukhari dan Muslim), “Apabila telah tiba bulan Ramadan, maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq di bulan Ramadan dilipatgandakan bagaikan infaq di jalan Allah SWT, dan tasbih di bulan Ramadan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain.”

5. Bulan Ramadhan Merupakan Bulan Dimana Banyak Dosa Diampuni

“Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim), “Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim).

Itulah beberapa hal yang membuat Ramadhan menjadi bulan yang istimewa. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar artikel ini bermanfaat bagi banyak orang.

News Feed