by

Beberapa Jenis Alat Musik Ritmis dengan Penjelasannya

Musik menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-sari. Namun kalian harus tahu bahwa ada alat musik ritmis dan alat musik melodis?

Musik memiliki beragam manfaat yang berbeda-beda untuk manusia, diantaranya mengisi hari, menurunkan stres bahkan mencari uang sebagai hiburan. Pada umumnya musik dibuat menggunakan sebuah alat yang di kenal dengan alat musik, secara umum alat musik dibagi menjadi beberapa jenis iyalah alat musik ritmis, melodis dan harmonis.

Dan berikut ini kami akan mengulas tentang beberapa jenis alat musik ritmis, fungsi dan contohnya.

Definisi Alat Musik Ritmis

Terlebih dahulu kita akan bahas tentang definisi dari alat musik ritmis. Bahwa alat musik ritmis terbagi menjadi 3 jenis, masing-masing jenis alat musik ini memiliki fungsi dan kegunaan yang masing-masing berbeda.

Secara definisi alat musik ritmis ini merupakan sebuah alat musik yang untuk digunakan sebagai mengatur sebuah tempo dan irama dalam sebuah lagu. Bahasa ritmis itu diambil dari kata ritme yang artinya pola dasar atau di dalam musik dikenal dengan istilah ketukan.

Dalam sebuah lagu alat musik ini menjadi salah satu instrumen yang sangat penting, karena memiliki peran yang sangat sentral yaitu agar tempo pada sebuah lagu tetap terjaga. Selain itu alat musik ritmis juga memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga keharmonisan dalan sebuah lagu.

Fungsi Alat Musik Ritmis

Dapat disimpulkan bahwa jenis alat musik ini memiliki fungsi untuk membuat sebuah lagu atau susunan nada menjadi lebih enak dan indah untuk didengar serta di resapi oleh pendengarnya. Selain itu alat musik jenis ritmis juga berfungsi untuk pelengkap dari alat-alat musik lainnya.

Dalam dunia musik ada istilah kata semakin banyak instrumen yang digunakan maka semakin dapat membuat musik tersebut kaya akan nada, alat musik ritmis ini berperan untuk menyatukan atau mengharmonisasi nada yang sudah ada.

Jenis Alat Musik Ritmis

Berikut ini beberapa contoh jenis alat musik ritmis yang perlu anda katahui.

Kendang

Kendang merupakan alat musik tradisional Indonesia yang berbentuk slinder ini cukup populer dikenal, kancah nasional sampai internasional. Kendang terbuat dari bahan kayu Nangka dan kayu Cempedak. Kendang juga terdapat dua bagian yang menghasilkan nada, yaitu bagian tengah dan ujung.

Tifa

Tifa merupakan alat musik yang berasal dari daerah Indonesia Timur yang memiliki bentuk slinder dan pada bagian tengahnya kosong. Alat musik ini sekilas memiliki bentuk yang menyerupai kendang tapi ada perbedaan dalam bahan dasar kulit yang digunakannya, Jenis alat musik tifa pada umumnya menggunakan kulit rusa, kambing atau kerbau.

Gong

Pada dasarnya gong merupakan alat musik yang terbuat dari bahan dasarnya leburan logam yang dulunya digunakan oleh leluhur kita untuk membuat sebuah lonceng atau penanda ketika ada sebuah informasi yang penting. Pada umumnya gong digunakan sebagai pengiring musik tradisional seperti wayang dan tari seni.

Jimbe

Alat musik jembe ini hampir sama dengan gong, jimbe juga dulunya digunakan oleh leluhur kita untuk alat komunikasi antar desa. Jimbe digunakan untuk mengiringi kesenian tradisional dan pengiring upacara adat tertentu.

Drum

Dengan salah satu alat mjsik ini tentu saja sudah tidak asing lagi bagi kita, drum juga terdiri dari beberapa bagian yaitu bass, snare, tom-tom dan cymbal. Drum tersebut dimainkan dengan cara