by

Ini Dia Manfaat Fisioterapi untuk Penderita Stroke

Stroke adalah penyakit yang terjadi akibat kondisi Ketika pasokan darah yang mengalir ke otak berkurang akibatnya terjadi penyumbatan (stroke iskemik) atau terjadi pembuluh darah yang pecah (stroke hemoragik). Asupan oksigen dan nutrisi akan berkurang saat darah tidak mengalir ke otak, sehingga mengakibatkan sel-sel pada area otak yang ada akan mati.

stroke merupakan keadaan darurat medis karena sel otak dapat mati hanya dengan hitungan jam atau bahkan dengan hitungan menit. Akibat dari matinya sel otak akan menyebabkan bagian tubuh yang dikendalikan otak yang rusak tidak dapat berfungsi sehingga terjadi kelumpuhan pada beberapa bagian tubuh. Hal yang harus segera dilakukan dan penanganannya adalah bawa langsung ke medis untuk dilakukan Tindakan lebih lanjut agar meminimalkan kerusakan pada otak dan kemungkinan adanya komplikasi. Namun tidak perlu khawatir ada fisioterapi dengan manfaat fisioterapi untuk penderita stroke yang kaya akan manfaat.

Gejala dan Penyebab Stroke

Gejala yang muncul dapat berbeda-beda pada tiap penderitanya. Namun, yang sering terjadi adalah:

  • Lengan terasa lemah tidak dapat digerakkan baik salah satu atau keduanya.
  • Kesulitan berbicara dengan kondisi mulut yang mulai menunjukkan perbedaan (tidak sama seperti semula).
  • Salah satu sisi wajah menurun
  • Kesemutan yang berlebihan
  • Susah mengenali wajah

Penyebab Stroke

Stroke bisa disebabkan oleh adanya gumpalan darah pada pembuluh darah di otak, pecahnya pembuluh dara di otak, tekanan darah tinggi, serta bisa saja disebabkan oleh pengaruh obat-obatan pengencer darah. Namun, bukan semuanya menjadi penyebab di setiap orang stroke penyebab ini terjadi berbeda-beda pada setiap orangnya.

Namun jangan khawatir saat ini ada pengobatan alternatif untuk mengatasi stroke dengan cara melakukan terapi atau dikenal dengan Fisioterapi, manfaat fisioterapi untuk penderita stroke sangat banyak. Metode pengobatannya yang menggunakan alat akupunktur yang modern, dan Gerakan-gerakan fisioterapi untuk pemulihannya yang banyak berikut gerakan-gerakan untuk pemulihan pasien stroke.

Manfaat Fisioterapi

Saat pasca stroke waktu yang tepat untuk melakukan dan memulai terapi adalah 24-48 jam atau 1 sampai 2 hari dengan catatan kondisi umum pasien sudah lebih membaik dan stabil, pemulihan fungsional gerak tubuh yang akan di terapi baiknya adalah 3-6 bulan setelah terjadinya serangan stroke. Dengan tujuan untuk dapat mempercepat kemampuan gerak tangan dan kaki.

Dalam waktu penyembuhan, terapi ini tidak langsung menyembuhkan tapi harus melewati proses penyembuhan kerusakan otak yang diakibatkan oleh serangan stroke. Untungnya manusia memiliki otak dengan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat dan baik, seiring berjalannya waktu sel otak yang berada di area otak akan membaik dan sel yang rusak akan di gantikan dengan sel yang baru.

Dalam massa terapi pihak ahli terapi akan membantu pasien stroke untuk bisa melakukan aktivitas normal secara mandiri. Saat dilakukan terapi sebaiknya dilakukan atas saran yang di berikan tenaga kesehatan, agar tidak menyebabkan gejala komplikasi pada tubuh.

Pada setiap penderita stroke gejala pemulihan fungsi sangat berbeda hal tersebut juga harus diimbangi dengan terapi yang berkelanjutan. Agar proses penyembuhan cepat pulih. Pemulihan ini tergantung dari jenis penurunan kemampuan yang dialami oleh penderita stroke.

Gerakan-gerakan yang dianjurkan adalah melatih gerak jalan dengan treadmill, olahraga dalam peningkatan keseimbangan, kemudian di sertai Latihan penguatan. Ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian tentang stroke. Melakukan fisioterapi selama 6 bula bisa mempercepat meningkatkan kemampuan bergerak serta koordinasi pada kondisi stroke.

Manfaat fisioterapi untuk penderita stroke adalah dapat mempercepat fungsi gerak pada tubuh seperti naik turun tangan dan kaki yang mengalami kelumpuhan, serta edukasi-edukasi yang diberikan oleh ahli praktiknya membuat pasien bersemangat untuk cepat sembuh.

News Feed