by

Inilah Cara Menjahit Celana Tanpa Menggunakan Mesin Jahit

Apa yang kamu lakukan apabila celana yang sedang digunakan tiba-tiba sobek dan tidak ada mesin jahit di rumah? Tidak perlu panik, kamu bisa saja memperindah celana favoritmu agar tetap bisa di gunakan hanya dengan sebuah jarum saja. Ya, saat ini semua barang memanglah canggih dan menggunakan mesin. Namun bukan berarti cara tradisional harus di tinggalkan.

Untuk mengetahui tentang bagaimana cara menjahit dengan tangan, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Untuk menjahit celana ataupun kain tanpa menggunakan mesin jahit tentunya kamu harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan seperti gunting, benang, dan jarum jahit. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa alat dan bahan yang harus kamu siapkan sebelum menjahit tradisional.

Pensil dan Kertas

Alat pertama yang harus di siapkan untuk menjahit tanpa menggunakan alat jahit adalah pensil dan kertas. Untuk apa sih pensil dan kertas ini? Tentunya untuk membuat keangka pola celana atau baju yang akan di bua. Tidak hanya untuk membuat kerangka model, meskipun hanya untuk membuat pola segitiga ataupun lingkaran juga perlu menggunakan pensil dan kertas supaya maksimal.

Jenis kertas yang di gunakan bisa bermacam-macam, contohnya adalah kertas roti, koran bekas, ataupun kertas khusus untuk membuat pola jahit. Untuk jenis pensil yang di gunakan biasanya pensil khusus penjahit.

Alat Ukur Meteran

Selain pensil dan kertas, meteran juga merupakan alat wajib yang di gunakan oleh seorang penjahit. Untuk membuat garis lurus saat merancang kerangka pola tentunya membutuhkan penggaris siku ataupun penggaris biasa. Nah, meteran sendiri biasa di guankan untuk mengukur panjang kain sesuai dengan yang di inginkan.

Gunting

Tidak akan menjadi celana atau baju apabila kain yang di pilih belum di potong. Nah, untuk memotongnya sendiri membutuhkan alat yang bernama gunting. Tidak semua jenis gunting bisa di gunakan untuk memotong kain. Kamu harus lebih selektif dan hati-hati memilih jenis gunting karena akan berpengaruh terhadap kerapian kain itu sendiri.

Jarum dan Benang

Alat utama yang tidak boleh di tinggalkan selanjutnya adalah jarum dan benang. Tanpa jarum dan benang tentunya tidak akan bisa membentuk sebuah celana. Ya, jarum dan benang ini gunanya untuk menyambungkan kain supaya menyatu dan bisa di gunakan sesuai dengan kerangka yang telah di buat.

Macam-macam Teknik Jahit Tangan

Karena tidak menggunakan mesin jahit, tentunya menggunakan tangan sebagai alat peraga. Hal utama yang harus di perhatikan ketika menjahit menggunakan tangan adalah jenis jarum yang di gunakan. Pastikan apabila jarum yang di gunakan adalah jarum khusus untuk jahit tangan. Karena apabila salah alat maka bisa menimbulkan kerusakan pada kain itu sendiri.

Nah, berikut ini adalah beberapa informasi tentang macam-macam teknik jahit tangan yang bisa kamu terapkan untuk menjahit celana di rumah.

Jahit Tangan Model Stitch

Teknik menjahit tanpa menggunakan mesin jahit yang pertama adalah model stitch. Teknik yang satu ini biasanya di gunakan oleh penjahit tradisional pada saat menjahit bagian bawah baju ataupun celana. Teknik stitch tergolong lebih mudah di gunakan daripada teknik lainnya.

Jahit Tangan Model Basting Stitch

Teknik jahit tradisional selanjutnya adalah model basting stitch. Teknik ini di lakukan dengan cara menyatukan dua potong untuk sementara sebelum ditindas menggunakan mesin. meskipun tidak menggunakan mesin, teknik yang satu ini tetap bisa di gunakan dalam menjahit tradisional. Tekning basting stitch menciptakan pola jahitan dengan tampilan garis putus-putus.

Jahit Tangan Model Tikam Jejak

Jenis teknik jahit tangan yang satu ini hampir sama seperti melakukan jahit tekning basting stitch. Pada setiap jahitam, jarak yang di gunakan sekitar 1/16 hingga 1/8 inchi. Jenis tikam jejak biasa di gunakan oleh penjahit tradisional karena tanpa mesin pun dapat menyatukan kain yang akan di jahit.