by

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Untuk mengembangkan website, biasanya para pengguna menggunakan jenis web hosting, salah satunya shared hosting. Shared hosting merupakan jenis web hosting yang paling simple dan sederhana. Layanan hosting ini menempatkan beberapa website di server fisik yang sama, artinya layanan hosting digunakan bersama-sama.

Dengan menggunakan shared hosting, pemilik website tidak perlu memikirkan pengaturan server, Karena penyedia jasa hosting mempunyai tanggung jawab untuk mengelola server seperti instalasi perangkat lunak, masalah teknis dan pembaruan keamanan. Penyedia layanan hosting juga bertugas untuk mengatur administrasi sistem agar website yang masuk ke server dapat dikelola dengan baik.

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Shared hosting adalah salah satu jenis hosting website yang cocok digunakan untuk pemula. Dimana pemilik website hanya mengeluarkan biaya murah untuk membangun websitenya.

Layanan hosting ini juga dapat digunakan bersama, sehingga biayanya bisa dibagi-bagi. Setiap jenis hosting website tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tak terkecuali shared hosting. Sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan hosting ini, simak kelebihan dan kekurangan shared hosting berikut ini:

Kelebihan Shared Hosting

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan shared hosting, di antaranya yaitu:

  1. Harganya Murah

Seperti yang diketahui sebelumnya, shared hosting memiliki harga yang murah jika dibandingkan dengan jenis hosting lainnya, hal ini cocok bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan. Karena setiap server yang disediakan, Anda merupakan pengguna yang berbagi ruang serta sumber daya dengan pengguna lainnya.

  1. Fokus Mengelola Website

Dengan menggunakan shared hosting Anda bisa fokus mengelola website mengingat layanan hosting ini dikelola sepenuhnya oleh provider hosting. Dengan begitu Anda tidak perlu cemas pada hal yang berhubungan dengan kinerja hosting.

Hal ini merupakan kelebihan shared hosting, di mana sebagai pengguna, Anda bisa lebih fokus membuat konten dan hal-hal yang lebih utama lainnya.

  1. Mudah Digunakan

Manfaat shared hosting lainnya yaitu mudah digunakan, di mana Anda tidak perlu repot-repot mengurus operasional server. Hal ini sangat baik bagi pemula yang belum paham mengenai pemrograman, namun dapat mengelola website sendiri.

Apabila pengunjung situs Anda sudah banyak dan traffic meningkat, Anda bisa upgrade layanan hosting ke level di atasnya seperti dedicated server. Untuk meng-upgrade layanan hosting tentunya kamu sudah belajar mengenai pemrograman.

  1. Maintenance Lebih Mudah

Maintenance server merupakan salah satu hal teknis yang cukup sulit untuk dikelola. Namun dengan menggunakan server hosting, proses maintenance server sudah dikendalikan oleh penyedia layanan hosting sepenuhnya. Sehingga Anda tidak perlu memikirkan proses maintenance server dan hal-hal yang berhubungan dengannya.

  1. Untuk Blog dan Web Bisnis

Shared hosting merupakan layanan hosting yang murah dan cocok digunakan untuk memulai blog atau web bisnis. Namun, hosting ini ditujukan untuk Website bisnis yang berskala kecil.

  1. Akses ke Control Panel

Dengan menggunakan shared hosting, Anda akan diberi access control panel yang dapat memudahkan pengelolaan website atau blog. Ada banyak yang Anda dapatkan pada control panel ini mulai dari install CMS, mengelola email, upload file dan lainnya.

Kekurangan Shared Hosting

Selain memiliki kelebihan yang banyak, shared hosting juga mempunyai beberapa kekurangannya, seperti risiko terkena gangguan jika terjadi kesalahan pemakaian dari salah satu pengguna. Misalnya terjadi overload di suatu website yang melakukan spam, maka akibatnya server terblokir dan hosting lain di server tersebut juga merasakan akibatnya. Hal ini berdampak tidak baik pada kelangsungan website yang dikembangkan. Selain itu akses pada server juga terbatas, di mana pengguna harus mengikuti batasan yang dibuat pengelola server.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan shared hosting yang bisa anda ketahui. Shared hosting sangat cocok bagi Anda yang baru memulai website, dan Anda bisa mengupgrade layanan jika web sudah berkembang pesat. Rumah Hosting merupakan layanan web hosting terbaik di Indonesia yang sudah berpengalaman membuat website lebih maju. Rumah Hosting sudah profesional, terpercaya dan amanah.

News Feed