Obat mual muntah yang aman untuk bayi menjadi obat pertama yang dicari para orang tua apabila si kecil sedang sakit. Karena penyakit yang diderita bayi biasanya tidak jauh dari permasalahan pencernaan yang belum terlatih dengan matang. Akibatnya, lambung bayi akan mengalami kontraksi seperti mual hingga muntah. Maka dari itu ada baiknya Anda mengetahui jenis penyakit yang sering dialami bayi.

Penyakit yang Sering Dialami Bayi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pencernaan dan pernapasan menjadi masalah utama bayi terkena penyakit. Pada umumnya, orang tua kurang informasi mengenai kedua permasalahan tersebut. Sehingga tanpa berpikir panjang, biasanya langsung membawa si kecil ke dokter.

Padahal kalau Anda mengenali jenis-jenis penyakit yang sering menyerang si kecil, kemungkinan Anda bisa melakukan pertolongan pertama untuk mengatasinya. Maka dari itu, akan lebih baik kalau Anda kenali terlebih dahulu lima jenis penyakit yang sering dialami si kecil di bawah ini.

  1. Batuk Pilek

Batuk pilek pada bayi disebabkan oleh virus. Daya tahan tubuh yang belum optimal membuat bayi rentan terkena gangguan virus. Gejala yang biasa muncul adalah batuk dan hidung mengeluarkan cairan bening yang disertai demam tinggi. Untuk mengatasinya, biasanya ibu disarankan memberikan ASI yang banyak sebagai daya tahan tubuh bayi.

  1. Sembelit

Sembelit sering sekali menyerang bayi-bayi berumur di bawah satu tahun. Hal ini terjadi karena lambung bayi masih beradaptasi dengan makanan baru. Sembelit sendiri merupakan kondisi bayi yang kekurangan cairan.

Kalau si kecil mengalami sembelit, maka Anda atasi dengan cara memberikan cairan yang cukup dan memberikan ASI tanpa susu formula. Jika Anda memiliki masalah dengan ASI, Anda bisa menggunakan obat mual muntah yang aman untuk bayi sebagai alternatif lain.

  1. Ruam

Selain rentan pada bagian pencernaan dan pernapasan, kulit bayi juga cenderung sensitif. Sering sekali kita menjumpai ruam pada bayi, terutama pada area popok dan ruam susu sekitar pipi. Salah satu cara mengatasi ruam tersebut dengan cara membersihkan area genital untuk area popok. Sedangkan untuk ruam susu Anda bisa mengatasinya dengan memberi pelembab yang sesuai dengan jenis kulit bayi Anda.

  1. Sakit Kuning

Penyakit kuning pada bayi biasanya menyerang mata dan kulit. Penyebabnya adalah meningkatnya zat bilirubin, yaitu pigmen kuning yang hasilkan dari proses pemecahan hemoglobin di dalam hati. Kondisi tersebut disebabkan karena kurangnya asupan ASI, gangguan fungsi hati, atau kekurangan enzim G6PD. Sakit kuning sebenarnya tak berbahaya, hanya saja Anda tetap harus waspada.

  1. Sesak Nafas

Sesak napas merupakan kondisi bayi yang disebabkan karena alergi atau infeksi yang menjadi cikal bakal radang paru-paru. Tidak hanya itu, sesak napas bisa terjadi juga dikarenakan produksi lendir maupun kelenjar yang berlebihan di belakang hidung.

Sesak nafas ditandai dengan bunyi suara bayi yang terdengar berat disertai batuk. Hal yang Anda bisa lakukan untuk mengatasinya yaitu penguapan atau meletakkan baskom berisi air panas yang ditetesi pelega pernapasan di dekat posisi tidur bayi.

Itulah lima jenis penyakit yang sering menyerang bayi yang wajib Anda ketahui. Biasanya lima jenis penyakit di atas bisa diatasi dengan memberikan ASI yang cukup banyak. Akan tetapi, Anda harus waspada kalau sakit pada bayi terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Meskipun sudah diberi ASI yang cukup, tapi masih tetap saja sakit. Dalam hal ini, Anda memerlukan bantuan medis dengan memberinya obat. Penyakit yang disertai gejala demam tinggi harus diberikan obat flu paling ampuh agar suhu badannya menurun.