Kekinian tak sedikit orang enggan untuk berjalan kaki. Mereka lebih memilih memanfaatkan sarana transportasi misalnya sepeda motor. Padahal aktivitas fisik seperti jalan kaki sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Selain itu, berjalan kaki juga bisa membantu menurunkan berat badan. Jalan kaki selama 15 menit memberikan banyak manfaat lebih seperti pelepasan stres, dorongan kreativitas dan masih banyak lagi.

  • Kebahagiaan

Berjalan-jalan adalah salah satu cara yang bisa meningkatkan suasana hati Teman teman. Dengan berolahraga jalan kaki pun bisa menjadi tingkat kebahagiaan meningkat. Hasilnya, partisipan yang rata-rata melakukan olahraga sedang selama 150 menit (seperti golf, tenis, kelas aerobik, berenang, atau menari baris) atau 200 menit berjalan setiap minggu melaporkan tingkat energi yang lebih tinggi. Ketika peneliti mengikuti setelah tiga tahun, ditemukan kesehatan emosi yang lebih baik dan kehidupan sosial yang lebih kuat.

  • Tidur nyenyak

Dengan olahraga jalan cepat ini bisa membuat tidur nyenyak pada teman teman. Menurut Sleep Foundation, para peneliti telah menemukan bahwa orang yang berolahraga secara teratur, akan tertidur lebih cepat, lebih lama dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang berolahraga keras seperti mengangkat beban.

  • Mengurangi risiko asma

Teman teman tidak perlu menghindari olahraga jika memiliki asma. Teman teman hanya perlu menemukan latihan yang tepat untuk penderita asma. American College of Allergy, Asthma and Immunology mengatakan bahwa berjalan, berenang, bermain golf dan bersepeda santai, kecil kemungkinannya untuk mengiritasi saluran udara teman-teman. Secara umum, carilah aktivitas yang dapat Teman teman lakukan dalam cuaca hangat dan tidak membutuhkan daya tahan yang signifikan.

  • Mendorong kreativitas

Jalan kaki juga membuat kreativitas Teman teman lebih mengalir. Sebuah studi Universitas Stanford menemukan bahwa berjalan dapat meningkatkan hasil kreatif hingga 60 persen. Hasil yang sama ditemukan untuk latihan di dalam dan luar ruangan serta dorongan kreativitas setelah berjalan sendiri.

  • Mengurangi stres

Biasanya orang memilih berenang untuk mengatasi stres. Tetapi, sains mengatakan bahwa manfaat jalan kaki termasuk salah satu cara tercepat tercepat dan paling efektif untuk menenangkan diri. Jalan kaki selama 10 menit bisa mendapatkan manfaat sama dengan latihan lari 45 menit dalam segi hal mengurangi depresi dan kecemasan. Karena, bergerak membersihkan kortisol (hormon stres) keluar dari sistem Teman teman dan membantu menghentikan aliran kekhawatiran yang tak berkesudahan.

  • Membakar kalori

Hal ini merupakan manfaat jalan kaki pagi yang membahagiakan bagi orang-orang yang biasa berjalan kaki secara teratur setiap hari. Dengan jalan kaki juga teman teman bisa meningkatkan respons tubuh insulin yang bisa membantu mengurangi lemak pada perut.

  • Memperbaiki pencernaan

Dengan berolahraga berjalan kaki setiap hari sebagai aktivitas sehari hari dan bisa melancarkan pencernaan anda. Dengan olahraga jalan kaki bisa meningkatkan pergerakan usus atau mempercepatnya.

Apabila kita disiplin olahraga seperti jalan kaki setiap hari selama 30 menit saja, dan teman teman bisa memiliki rutinitas yang teratur. Dengan kata lain, gaya hidup kita juga akan lebih sehat.

  • Panjang umur

Rahasia untuk hidup lama dan lebih sehat adalah dengan berjalan dan keluar ruangan. Tetap aktif secara fisik juga membantu kamu selalu terhubung dengan sahabat yang dapat memberikan dukungan emosional, yang sangat penting seiring bertambahnya usia.