by

Mau Program Hamil? Ini Beberapa Persiapan yang Perlu Anda Lakukan!

Bagi pasangan suami istri yang mengidamkan buah hati, tentu saja mengambil program hamil adalah pilihan terbaik. Hanya saja, dalam prosesnya dibutuhkan sejumlah persiapan sebelum menjalani program hamil tersebut. Anjuran persiapan pada pasangan suami istri yang akan mengambil program hamil sudah pasti bukan tanpa alasan. Hal ini sangat berkaitan erat akan keberhasilan program hamil yang akan di jalani.

Sejumlah persiapan yang dilakukan untuk program hamil

Suatu kegiatan yang dilakukan dengan sebuah persiapan matang, tentu saja akan berjalan dan akan menghasilkan result lebih baik dibandingkan dengan tanpa persiapan sama sekali. Begitu juga persiapan saat memulai program hamil, selain akan berpengaruh pada hasil, juga akan bisa memudahkan dan memberi kenyamanan para calon ibu dalam menjalani proses kehamilan nantinya.

  1. Periksa dan konsultasi pada dokter spesialis kandungan

Tahap persiapan paling penting di awal sebelum masuk pada program hamil, tentu saja konsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis kandungan. Dengan demikian, dokter akan memberikan pengarahan terkait program hamil yang paling sesuai dengan kondisi pasangan suami istri.

  1. Menghitung body mass index (bmi)

Bmi atau yang biasa dikenal dengan indeks masa tubuh, dimana perhitungan ini dilakukan menggunakan rumus tertentu untuk mengetahui berta badan ideal bagi calon ibu. Mengetahui hasil bmi untuk persiapan sebelum program hamil tentu saja sangat penting. Sebab, apabila nilai bmi yang jauh dibawah standar (kurus) atau bahkan jauh diatas standart (gemuk/ obesitas) dipercaya akan menurunkan peluang kehamilan.

Selain itu, nilai bmi yang jauh dari stadart ideal juga akan memicu resiko komplikasi pada calon ibu di tengah menjalani kehamilan, dan bisa memicu kelahiran bayi premature atau bayi dengan berat badan kecil.

  1. Memeriksa kondisi kesehatan gigi dan mulut

Mengetahui kondisi gigi dan mulut sangat diperlukan saat memulai program kehamilan, sebab saat proses kehamilan akan terjadi sejumlah perubahan hormone. Dimana salah satu efek yang ditimbulkan dari perubahan hormone pada ibu ini adalah resiko munculnya penyakit gigi atau mulut.

Jika ibu telah mengetahui kondisi kesehatan gigi dan mulut sejak awal sebelum menjalani program hamil, maka saat terjadi penyakit gigi dan mulut akan lebih mudah dan cepat penanganannya.

  1. Konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung asam folat

Konsumsi asam folat dipercaya mampu meningkatkan kesuburan pada wanita. Asam folat ini bisa di dapatkan dari makanan ataupun supplemen yang dijual di apotik. Anjuran konsumsi asam folat ini sekitar 400 hingga 600 gram saja perharinya. Dengan meningkatkatnya kesuburan ini, akan menambah peluang kehamilan pada wanita.

  1. Persiapan mental

Perubahan hormon sudah pasti terjadi pada wanita yang sedang hamil. Dalam kondisi inilah yang akan mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental para calon ibu. Sejumlah ibu hamil mengalami stress, sedih, dan segala mental lainnya akibat perubahan hormone ini. Tentu saja untuk mencegah ini bisa dilakukan dengan mempersiapan mental sebelum program hami, sehingga orang terdekat seperti suami bisa memberikan support lebih pada istri saat hamil.

Kondisi mental yang terganggu selama hamil tidak hanya mempengaruhi kesehatan ibu, tetapi juga pada janin. Oleh sebab itu, jika dirasa terjadi kondisi mental yang mulai bermasalah, anda bisa konsultasi ke dokter.

  1. Gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat rupanya juga berpengaruhi pada kondisi reproduksi dan kesuburan, maka untuk anda yang sedang merencanakan program hamil, upacayakan untuk memuali gaya hidup sehat dengan berolah raga rutin dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

News Feed