by

Resep Olahan Telur yang Mudah dan Enak

Telur adalah bahan makanan yang mudah didapatkan dengan gizi yang banyak. Tidak heran jika di bagian negara manapun, telur adalah makanan yang selalu diandalkan. Di Indonesia sendiri telur dimakan dengan nasi putih atau jenis nasi lainnya. Dimakan dengan lontong juga bisa jika dijadikan lontong sayur atau ketoprak. Nah, untuk olahan telur menjadi masakan juga banyak sekali jenisnya di Indonesia. Jika anda bingung masakan apa saja dari telur. Berikut resep olahan telur makanan khas betawi yang mudah dan enak.

  1. Telur Balado

Resep olahan telur yang satu ini mudah sekali dibuat dan enak dengan nasi putih hangat. Bahan yang anda perlukan adalah telur beberapa butir. Siapakan bawang putih 3 siung, bawang merah 5 siung, cabe merah 20 buah dan tomat 1 buah. Selanjutnya siapkan gula merah 1 buah kecil saja. Siapkan juga minyak sayur dan bawang goreng.

Anda rebus dahulu telurnya kemudian kupas kulitnya. Setelah dikupas kulitnya goreng telurnya hingga kecoklatan dan sisihkan. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe merah, dan tomat dengan blender. Tambahkan minyak sayur sedikit saja ketika memblender. Setelah itu tumis dan masukkan gula merahnya. Masak hingga kental sambalnya. Masukkan telurnya dan aduk hingga tercampur. Taruh dalam piring dan taburi bawang goreng.

  1. Telur Dadar Spesial

Memasak telur dadar spesial tentunya membutuhkan bahan pelengnkap yang spesial. Anda siapkan telur 3 butir. Siapkan wortel 2 buah, bawang bombay, bawang putih, cabe keriting merah. Siapkan juga daun bawangnya. Setelah itu siapkan juga lada bubuk putih.

Anda parut wortelnya atau mengiris wortelnya tipis-tipis. Setelah itu iris bahan lainnya seperti bawang bombay, bawang putih dan cabe kecil-kecil. Kocok semua telur dengan memasukkan lada dan garam. Tambahkan juga penyedap rasa ayam. Masukkan bahan-bahan semuanya. Setelah itu goreng telur di teflon yang lumayan besar. goreng hingga kecoklatan.

  1. Telur Tahu Santan

Resep olahan telur selanjutnya yang juga enak adalah telur tahu santan. Siapkan 6 butir telur, dan tahu beberapa buah. Siapkan bawang putih 2 siung, bawang merah 2 siung, kunyit seruas jari dan juga santan kelapa kemasan 1 buah. Anda bisa siapkan juga kol dan cabe pedas utuh beberapa buah.

Selanjutnya anda rebus telurnya dahulu. Setelah direbus, kupas dan sisihkan. Kemudian haluskan bawang merah, bawang putih dan kunyit. Kemudian anda tumis bumbunya hingga wangin. Setelah itu masukkan santan kelapa dan tambahkan air secukupnya. Beri garam dan penyedap rasa. Masukkan tahu yang sudah dipotong-potong. Lalu masukkan juga kol yang sudah diiris. Terakhir masukkan cabe utuhnya.

  1. Telur Petis

Makanan yang satu ini memang sangat jarang diketahui banyak orang. Masakan khas Jawa Timur ini dibuat menggunakan petis berwarna hitam. Siapkan juga telur 5 butir. Siapkan bawang putih dan juga garam. Siapkan juga gula pasir sedikit saja. Siapkan petis hitam yang bisa anda beli di pasar tradisional.

Rebus telurnya hingga matang dan kupas telurnya. Selanjutnya anda iris bawang putih dan tumis hingga wangi. Tambahkan air sedikit saja dan masukkan petisnya lumayan banyak. Selanjutnya diaduk dan tambahkan garam sedikit saja. Tambahkan gula pasir sedikit saja. Selanjutnya anda masukkan telurnya dan kemudian aduk-asuk hingga ratas. Masukkan telurnya ketika tumis petisnya sudah mengental. Gunakan api sedang saja.