Pinjaman dana secara online kini bisa diakses oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Tidak bisa dimungkiri bahwa dengan mengajukan pinjaman secara online, tidak dibutuhkan syarat yang terlalu ketat, terlebih proses persetujuannya pun lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan lembaga konvensional.

Sangat wajar jika pada akhirnya masyarakat lebih memilih perusahaan penyedia pinjaman dana online karena faktor praktis dan cepat. Beberapa persyaratan yang diminta umumnya hanya dengan mengunduh aplikasi, ktp dan bukti penghasilan.

Namun, lebih dari itu, hal yang paling penting adalah kesiapan calon debitur dalam membayarkan kewajibannya setiap bulan sesuai dengan perjanjian. Karena belakangan terjadi kredit macet karena masyarakat juga kurang bijak dalam menyikapi kemudahan tersebut.

Lalu apa yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman kepada perusahan pinjaman online? Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan.

  1. Pilih Aplikasi Pinjaman Dana yang Resmi

Salah satu yang paling krusial dalam memilih perusahaan pinjol atau pinjaman online adalah legalitasnya. Caranya adalah dengan mengecek apakah perusahaannya sudah terdaftar di OJK atau belum.

Hal ini sangat penting karena OJK memiliki aturan yang wajib ditaati oleh perusahaan atau lembaga keuangan yang beroperasi di Indonesia. OJK, sebagai regulator, bertugas juga melindungi calon debitur dari hal yang tidak diinginkan.

  1. Pelajari Syarat dan Cara Kerja Aplikasi

Sebelum mengajukan pinjaman dana, pelajari dulu cara kerjanya dengan benar. Hal ini perlu dilakukan untuk memudahkan proses persetujuan dan juga perencanaan sebelum meminjam sejumlah dana yang dibutuhkan.

Pastikan mengetahui bunga, tenor, biaya admin, serta mekanisme denda jika ada keterlambatan. Dengan begitu, kita bisa memahami secara lengkap dari awal hingga pangkalnya sehingga benar-benar memahami produk yang ditawarkan.

Salah satu asas yang wajib dipatuhi perusahaan pinjaman online adalah transparansi. Debitur harus mengetahui besaran bunga, pilihan tenor, serta isi perjanjian atau akad pinjaman. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari kesalahpahaman. Sehingga masing-masing bisa terhindar dari kerugian.

Nah, salah satu fintech yang secara resmi terdaftar di OJK dengan informasi yang transparan adalah Kredivo.

Kredivo sudah terdaftar secara legal dan diawasi secara ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan. Kredivo bisa diunduh melalui Google Play Store maupun App Store dengan sangat mudah.

Syarat Pendaftaran Kredit Online Lewat Kredivo

Mengajukan pinjaman lewat Kredivo cukup mudah hanya lewat aplikasi saja. Daftar dulu dengan memenuhi persyaratan wajib berikut ini:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Penuhi dulu prasyarat tersebut, agar bisa mendapatkan kemudahan dalam proses persetujuan permohonan pinjaman dana lewat Kredivo.

Kredit limit yang diberikan Kredivo hingga Rp30 juta sesuai dengan kondisi keuangan calon debitur. Semakin besar kredit limit yang diberikan, semakin banyak layanan yang bisa dimanfaatkan seperti bayar berbagai tagihan dalam satu akun, belanja online tanpa bunga dengan pembayaran dalam 30 hari, hingga pinjaman jumbo dan pinjaman mini mulai dari Rp500.

Pilihan tenor sangat bervariasi mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan. Sementara jika digunakan untuk belanja online, periode cicilannya bisa hingga 12 bulan. Informasi tenor dapat diketahui lewat aplikasi Kredivo. Malahan ada simulasi pembayaran saat akan ingin pinjam dana atau untuk belanja online.

Untuk bunga pinjaman maupun belanja online yaitu 2.95 % per bulan. Sementara untuk pinjaman akan dikenakan biaya admin di muka sebesar 6% dari total pinjaman. Misalnya jika meminjam Rp1 juta, akan dipotong di muka sebesar Rp60 ribu. Sehingga dana yang akan ditransfer sebesar Rp960 ribu.

Itulah dua hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan resolusi keuangan yang lebih sehat di tahun 2020. Jika ada kebutuhan mendesak dengan memanfaatkan pinjaman online, pahami cara kerjanya, bunga, admin, serta tenornya. Fintech yang terdaftar di OJK harus memberikan informasi secara transparan kepada calon debiturnya.

Tertarik dengan kelebihan yang ditawarkan Kredivo? Unduh saja aplikasi resminya, lakukan pendaftaran, tunggu persetujuan, lalu ajukan pinjamannya dengan mudah.