Peperangan melawan virus corona belum selesai, virus in justru semakin menampakkan keganasannya di Indonesia dan beberapa negara lain di dunia. Tak dipungkiri memang di sebagian negara sudah mengalami perbaikan yang signifikan. Di China sendiri, hari ini Wuhan sebagai kota ditemukannya virus pertama kali sudah mulai membuka lockdown yang ditandai dengan berbondong-bondong orang keluar dari kota tersebut untuk kembali ke kampung halamannya. Selain China yang semakin menunjukkan perkembangan dan perbaikan, negara-negara di Eropa juga mulai mengikuti. Meski jumlah kasus bertambah tetap besar namun sudah mengalami penurunan secara signifikan. Beberapa negara bahkan telah mengkaji untuk membuka lockdown untuk menyelamatkan perekonomian.

Lalu bagaimana dengan Indonesia dan negara lain yang baru satu bulan terkena imbas virus covid19? Per tanggal 8 April ini, jumlah kasus di Indonesia masih bertambah dengan total kasus 2.956 kasus. Jumlah kematian juga masih bertambah dengan jumlah total 240 jiwa. Namun harapan juga sangat tinggi karena angka kesembuhan di Indonesia meningkat menjadi 7% lebih. Jumlah pasien yang sudah dinyatakan negatif melalui dua kali tes telah mengalami peningkatan hingga berjumlah total 222 orang. Jumlah kasus covid19 tersebut sebagian besar terjadi di Jakarta sebagai episcentrum persebaran virus. Untuk mencegah penambahan jumlah kasus yang semakin massif, gubernur Jakarta sendiri telah mengajukan permohonan PSBB ke Menteri Kesehatan dan telah disetujui.

Selain Jakarta, Gubernur Jawa Barat juga berencana mengajukan status PSBB di sebagian wilayah Jawa Barat. Seperti diketahui bahwa jumlah kasus di Jawa Barat juga besar karena wilayahnya yang berbatasan langsung dengan Jakarta. Hingga saat ini, Ridwan Kamil telah menerima permohonan PSBB dari lima pimpinan wilayah yaitu di Depok, Bogor, Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor. PSBB di lima daerah Jawa Barat tersebut rencananya akan menjadi satu kesatuan dengan PSBB di DKI Jakarta yang akan segera direalisasikan mulai tanggal 10 April besok.

Virus corona bukan hanya mengganas di Indonesia namun juga di Amerika Serikat. Bahkan negara adidaya ini seperti tak berdaya di tengah gempuran covid19. Dalam waktu 24 jam, kematian yang terjadi di negara tersebut tercatat hampir 2.000 jiwa sehingga menambah jumlah kematian akibat covid19 di US menjadi lebih dari 12.000. Angka ini terus meningkat mendekati Spanyol yaitu 13.000an dan di Italia sebanyak 17.000an. Di Amerika Serikat sendiri telah menjadi negara dengan jumlah kasus covid19 terbanyak di dunia. Saat ini jumlah kasus positif covid19 di negara Paman Sam telah mencapai lebih dari 398.000 kasus dengan jumlah kematian lebih dari 12.000.

Sementara di bumi belahan lain yaitu Eropa, justru mengalami kebalikan dari Amerika. Sejumlah negara melaporkan penurunan jumlah kasus baru seperti di Italia, Spanyol, Austria dan Denmark. Meski begitu masih ada negara-negara lain yang mengalami penambahan seperti di Inggris. Di benua Afrika, Afrika Utara baru saja menyatakan lockdown untuk mengurangi penyebaran virus yang mulai memasuki benua hitam tersebut. Anda sebagai masyarakat Indonesia dan dunia juga bisa berpartisipasi dalam upaya pencegahan penularan virus corona dengan tetap di rumah saja. jika mengalami gejala sakit, jangan panik dan buru-buru ke rumah sakit rujukan karena justru akan menyebabkan kerumunan calon pasien yang mengantri. Anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi secara online di Halodoc atau melakukan janji temu dengan dokter juga melalui aplikasi Halodoc sehingga Anda tidak perlu keluar terlalu lama dari rumah.